Selasa, 09 November 2010

Lowongan Kerja Bank Mandiri

Jika Anda sedang mencari kerja untuk kategori lowongan kerja di Bank Mandiri, berikut ini ada beberapa tips ringan yang mungkin sangat berguna agar Anda bisa lolos dari seleksi ujian lowongan kerja di Bank Mandiri. Agar lolos Anda tentunya akan melalui berbagai macam tes, untuk lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:
Kategori Pertama adalah ”Tes Bahasa Inggris”
Untuk kategori ini, tes yang dilakukan masih seputar dengan kemampuan dasar. Sehingga kategori tes ini lebih mudah jika dibandingkan dengan kategori tes TOEFL. Pada tahap ini biasanya bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman dasar calon pelamar kerja terhadap kemampuan tes bahasa inggrisnya yang dasar atau sering familiar ditelinga kita  untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman bahasa inggris secara pasif.
Biasanya materi yang diujikannya juga jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan tes TOEFL yaitu hanya meliputi reading dan structure. Tips untuk Anda, yaitu Anda cukup mempelajari kembali pelajaran dasar bahasa inggris yang pasti pernah Anda dapatkan sewaktu Anda masih SMU atau dibangku kuliah. Tes bahasa inggris merupakan salah satu tes wajib yang dilakukan oleh bank, termasuk Bank Mandiri.
Kategori untuk “Tes TOEFL”
Tes TOEFL sendiri memiliki arti nama kepanjangannya adalah Test Of English As A Foreign Language. Tes ini biasanya digunakan untuk mengetahui tingkat penguasaan bahasa inggris yang lebih mendalam terhadap pelamar kerja di Bank Mandiri. Seperti kebanyakan tes TOEFL yang mungkin pernah Anda lakukan di berbagai lembaga les bahasa inggris, tes ini terdiri atas reading, listening, dan tak ketinggalan adalah structure yang lebih susah. Biasanya sebagaian besar pihak Bank, termasuk Bank Mandiri mematok hasil nilai minimal adalah 500. Dan biasanya pula Bank Mandiri menggunakan tes ini terutama untuk menyeleksi pelamar untuk bagian lowongan kerja di ODP yaitu Officer Development Program. Tips untuk Anda, yaitu sebaiknya sebelum melakukan tes kategori ini, Anda disarankan untuk mengukur kemampuan Anda terlebih dahulu. Pengukuran kemampuan Anda dapat Anda peroleh dengan mengikuti tes yang biasanya sering disedikan oleh banyak lembaga les bahasa asing. Jika hasilnya belum memuaskan maka sebaiknya untuk belajar secara lebih mendalam terlebih dahulu. Usahakan agar mengambil kelas les dengan memakan waktu yang pendek atau singkat namun dengan hasil yang maksimal. Selain itu mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba belajar secara otodidak, jika Anda termasuk type orang yang pede, pasti Anda dapat melakukannya.
Kategori untuk “Tes Wawancara”
Untuk kategori tes ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan kepribadian dari pelamar kerja. Dengan adanya wawancara diharapkan pihak Bank Mandiri dapat lebih mengenal calon pekerjanya. Biasanya tes ini diprioritaskan untuk menghadapi pertanyaan atau masalah yang diajukan oleh pihak direksi atau manajemen. Untuk kategori tes ini, tips untuk Anda adalah sebaiknya Anda berpakaian sopan, simpel, harum tapi ingat jangan terlalu berlebihan. Kemudian ketika melakukan wawancara sebaiknya Anda menjawab dengan cekatan, sopan, santun, dan tinggalkan bahwa melalui wawancara Anda memiliki kepribadian yang tangkas. Kepribadian ini akan sangat terlihat ketika melakukan wawancara. Kemudian perlihatkan dari wawancara bahwa Anda memiliki keahliaan berbicara dan diplomasi yang menjanjikan. Hal ini dapat ditunjukkan salah satunya dengan menggunakan bahasa inggris. Jika Anda tidak terlalu mahir, mungkin setidaknya Anda dapat mencoba melakukan perkenalan diri Anda dengan menggunakan  bahasa inggris.
Ujian TPA.
Kemudian tes selanjutnya adalah tes dengan tujuan untuk mengetes nilai dan poin-poin akademik pelamar kerja. Tes tersebut adalah tes TPA yang mana memilki kepanjangan dari ’Tes Potensi Akademik’. Dalam tes ini secara garis besar Anda akan diuji seberapa jauh penguasaan akan logika berpikir, kemudian penguasaan akan matematika, dan penguasaan verbal. Salah satu contohnya adalah dengan adanya soal-soal tentang penguasaan perhitungan deret ukur atau deret hitung untuk mengetes kemampuan matematika Anda. Kemudian untuk mengetahui logika sang pelamar kerja, salah satunya adalah dengan adanya soal pemahaman kasus dalam bentuk cerita. Kemudian ada juga soal untuk mengetahui daya tahan konsentrasi calon pekerja, misalnya dengan adanya soal tentang crempling. Crempling adalah soal tentang penjumlah dari deretan angka dengan cara menurun. Selain itu masih banyak lagi soal-soal lainnya. Tes TPA juga menjadi salah satu tes wajib yang selalu digunakan untuk menyeleksi pekerja termasuk lowongan kerja di Bank Mandiri. Setelah mengetahui gambaran singkat tentang tes TPA, berikut ini tips untuk Anda, yaitu sangat disarankan agar Anda melakukan latihan agar memperoleh hasil yang memuaskan. Untuk latihan Anda dapat melakukannya dengan cara membeli buku-buku TPA yang banyak dijual di toko buku terdekat disekitar rumah Anda. Dengan melakukan latihan, maka kemungkinan Anda untuk lolos dari tahap ini akan semakin besar. Kemudian untuk soal berkaitan dengan crempling, sangat dianjurkan untuk menggunakan pensil biasa atau pulpen biasa. Sangat tidak dianjurkan menggunakan pensil mekanik, karena ketika ujung pensil habis, maka Anda memerlukan waktu sekian detik untuk memencetnya keluar, dimana waktu sekian detik sangat berharga dan sangat mempengaruhi keberhasilan Anda!
Kategori “Tes Psikologi”.
Tes ini hampir mirip dengan seperti tes wawancara, namun bedanya pada tahap ini lebih diutamakan untuk penempatan posisi yang tepat bagi pelamar kerja jika nantinya keterima.Yang perlu diperhatikan adalah dalam tes ini tidak ada istilah benar atau salah, yang ada adalah sesuai dengan tujuan dengan diadakannya tes ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian akan kebutuhan yang ditawarkan untuk jabatan atau posisi lowongan tertentu. Terkadang banyak pelamar kerja yang memiliki inovasi dan kemampuan yang bagus dan bahkan sangat menyukai tantangan. Namun terkadang type kepribadian seperti ini kalah bersaing dengan pelamar dengan pribadi yang sedang-sedang saja namun memiliki kejujuran atau integritas yang bagus. Perlu Anda ingat, Bank Mandiri membutuhkan personal dengan kriteria; pintar, disiplin, kreativitas dan motivasi yang sedang cukup, namun jujur dan luwes (cekatan) yang diutamakan. Untuk lolos meraih lowongan kerja di Bank Mandiri pada tahap ini, berikut tips untuk Anda yaitu tanamkan pada diri Anda untuk senangtiasa bersikap jujur, jujur terhadap diri sendiri dan orang lain itu saja. Kemudian untuk poin-poin lainnya adalah berasal dari diri Anda sendiri, sehingga untuk mengoptimalkannya adalah dengan cara mengetahui potensi Anda secara pribadi. Karena yang dapat menolong dan mengetahui betul pribadi Anda adalah diri Anda sendiri. Jadi yakinlah bahwa Anda bisa melalui tes ini.
Berikutnya adalah  “Tes Diskusi
Untuk kategori ini, kebanyakan orang menyebutnya dan lebih familiar di telinga dengan nama Focus Group Discussion. Tes ini biasanya digunakan oleh Bank Mandiri untuk mengetahui dan mengetes sejauh mana kemampuan pelamar kerja dalam berkerja-sama dengan tim. Selain itu tes ini digunakan untuk menseleksi kemampuan pelamar kerja dalam hal pemahaman akan masalah tertentu. Selain itu dari tes ini akan terlihat kepribadian sportifitas dari para pelamar. Biasanya grup diskusi dibentuk dalam kelompok-kelompok yang kecil yang mungkin terdiri atas empat sampai dengan delapan orang. Untuk menghadapai tes seperti ini, berikut tips untuk Anda yaitu, dengan menggunakan dan menaati peraturan diskusi dengan benar, jangan memaksakan kehendak dan berbicara secara santun (tidak perlu emosional), Anda tidak perlu dominan selama diskusi berlangsung dimana yang terpenting adalah Anda dapat berperan secara aktif dan poin plus jika Anda bisa menjembatani dua perbedaan pendapat dengan benar selama diskusi berlangsung.
Seleksi Terakhir adalah  “Tes Kesehatan”
Sesuai dengan tema dan nama dari tes kesehatan itu sendiri, semua perusahaan termasuk Bank Mandiri menggunakan tes ini untuk menyaring para pelamar kerja guna ditempatkan di lowongan kerja yang tersedia adalah tes dengan tujuan mengetahui lebih lanjut dan mendalam tingkat kesehatan dari para pelamar. Hal ini wajar, karena tidak ada perushaan yang mau memiliki karyawan yang sakit-sakitan, melainkan sangat mengharapkan karyawannya fit sehingga dapat berkontribusi dalam memajukan perkembangan perusahaan. Untuk tahap terakhir tes ini, tips untuk Anda, sebaiknnya kurang lebih seminggu sebelum tes kesehatan dilakukan, Anda sebaiknya menjaga dengan baik kondisi kesehatan Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan istirahat dan tidur yang cukup, makan dan minum yang bergizi, rajin olahraga secara sehat dan teratur, dan masih banyak lainnya yang dapat Anda lakukan.
Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar