Rabu, 10 November 2010

Tips Nyeleneh Cari Kerja ! Kocak Tapi Realitas

Dalam dunia kerja, terutama pada tahap perekrutan memang bisa di bilang kotor. Ada yang melakukan suap, nepotisme dan masih banyak lagi. Jarang sekali ada orang mendapatkan pekerjaan dengan cara ideal, jujur, dan benar. Kalaupun ada pasti sangat jarang terjadi. Namun inilah realitas kehidupan. Berikut ini tips ringan yang agak melenceng dikit (tapi tidak se-Xtrim sampai menyogok):
  1. Kalau kita diinterview dengan perusahaan asing, kedutaan besar, LSM asing, maka jika Anda mau bilang saja bahwa Anda mengenal seseorang di perusahaan tersebut, atau kalau bisa katakan bahwa Anda mengenal pihak HRD-nya (dijamin kemungkinan besar diterima he he ….). Hal ini dikarenakan mereka sensitive terhadap orang asing, karena mungkin mereka menganggap bisa saja orang asing yang di interview adalah jaringan Teroris (Gak segitunya kale…)
  2. Kalau di wawancara perusahaan swasta asing, bilang saja Anda kenal dengan seseorang di perusahaan. Eits….. tapi hati-hati bisa-bisa nama yang Anda sebutkan itu adalah musuh dari pihak yang mewawancarai Anda. Bukanya diterima bisa-bisa Anda langsung di Skip!
  3. Kalau keturunan Chinese, jangan ngelamar di perusahaan pertambangan atau perminyakan di Indonesia (Pokoknya ada yang bilang begitu, sebenarnya gimanaya….Ada yang punya pengalaman?).
  4. Untuk para tenaga kerja fresh graduate, maka untuk mensiasatinya adalah dengan menulis segala kegiatan informal/organisasi yang telah diikuti, biasanya sukses. Tulis juga diskripsi Anda orangnya seperti apa! Misalnya: mudah beradaptasi, bisa kerja di tim/secara individu, pekerja keras & mau belajar, dan masih banyak lagi.
  5. Kalau mengirim surat lamaran dimana informasi dari Koran misalnya, maka Anda harus bikin surat Anda tersebut beda dari  yang lain! Karena ada temen pernah cerita ada HRD yang dengan barbar cara menyeleksinya. HRD tersebut jika menemukan amplop warna putih standar dengan kebanyakan yang lain, maka akan langsung membuangnya tanpa dibaca terlebih dahulu. Oleh karena itu untuk mensiasati kayak ginian, kreatif dong di sampul atau amplop, buat beda ama yang lain. Jika amplop yang lain warnanya putih atau coklat kenapa Anda tidak mengirimkan amplop dengan warna pink sekalian……..Gedubrak…..!!!
  6. Cari tahu apakah HRD-nya satu suku dengan kita (Eits gak boleh SARA tapi FAKTA), jika HRD-nya satu suku dengan Anda, ajakin aja langsung memakai bahasa daerah, pasti bakal senang dianya!
Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar