Selasa, 14 Desember 2010

Mengatasi Mata Lelah di Saat bekerja

Komputer dan berbagai perlengkapannya, seperti monitor adalah barang yang tidak lazim lagi dalam setiap pekerjaan kantor. Tidak asing lagi bahwa semua pekerjaan dilakukan didepan monitor komputer sepanjang hari, dan bahkan karir anda bergantung pada komputer

Bekerja terlalu lama didepan monitor dapat mempengaruhi kesehatan, seperti mata lelah, nyeri punggung, bahu dan leher. Untuk itu saya akan membagi tips untuk mengatasi kelelahan dan ketegangan pada mata saat anda bekerja didepan monitor komputer. Berikut beberapa tipsnya:

1. Bekerjalah dalam ruangan yang cukup cahaya
Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja anda. Jangan bekerja diruangan yang cahayanya terlalu terang, karena dapat menyilaukan mata. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakan lampu diatas kepala. Hindari menatap cahayanya secara langsung. Juga jangan bekerja diruangan terlalu gelap atau redup, karena akan membuat mata bekerja terlalu keras.

2. Gunakan filter monitor
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor.

3. Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca
Jika harus menyalin atau membaca kertas , maka letakkan kertas tersebut pada jarak yang seimbang dengan monitor. Ini dilakukan agar tidak perlu bolak balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja, setelah membaca dilayar monitor.

4. Perhatikan posisi monitor
Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus. Ini dilakukan agar bahu dan leher terasa nyaman.

5. Bekerjalah dengan "Font" yang cukup besar
Ini dilakukan agar mata anda tidak terlalu keras bekerja membaca tulisan-tulisan yang kecil. Mata bukanlah mikroskop untuk melihat tulisan kecil pada monitor.

6. Periksa kacamata atau lensa kontak
Bila anda menggunakan kaca mata atau lensa kontak dan harus bekerja sepanjang hari didepan monitor, ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter mata atau optik agar bisa mendapatkan kacamata yang sesuai

7. Pejamkan mata sebentar
Jika mata anda sudah terlalu lelah, lebih baik pejamkan mata sebentar kira-kira 5 menit agar pekerjaan anda tidak menjadi berantakan atau terjadi kesalahan karena bila mata anda terasa sudah lelah akan berdampak ke aktivitas anda dan hasilnya pun akan salah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar