Rabu, 15 Desember 2010

Mengawali Sukses dan Karir kerja

Selamat, Anda sudah lulus kuliah dan sudah punya gelar di tangan. Kini Anda tiba di dunia nyata dimana Anda harus memulai hidup dan karir professional Anda. Kalau Anda sedang berada di persimpangan, maka perjalanan selanjutnya mungkin bisa menakutkan, menyenangkan, membingungkan atau membuat Anda bertanya-tanya, atau semua perasaan itu menjadi satu. Ini adalah langkah-langkah yang bisa membantu Anda di kehidupan yang sesungguhnya selepas sekolah.

> Langkah 1: Arahkan tujuan Anda
Setelah bertahun-tahun sekolah, Anda tentunya sudah yakin tentang pekerjaan apa yang Anda inginkan, bukan? Tapi kalau belum juga, maka ini saatnya menentukan apa kekuatan Anda dan mengidektifikasi karir apa yang paling cocok dengan Anda. Apakah Anda tipe orang yang senang dikelilingi orang lain? Atau Anda lebih suka menyendiri didepan komputer sambil membuat program? Tulis semua kekuatan, kelemahan, kesukaan, ketidaksukaan, dan ketertarikan. Kemudian fokuskan itu, baru cari pekerjaan yang sesuai dengan bakat Anda, supaya Anda bisa menikmatinya dan mengerjakannya dengan maksimal.

>Langkah 2: Lakukan penelitian
Jika Anda suka mengincar perusahaan tertentu, sangat penting bagi Anda untuk mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang perusahaan itu. (Tapi jangan juga tutup diri dari perusahaan lainnya). Yang harus Anda perhatikan ialah kualitas, cara kerja, dan stabilitas perusahaan itu. Apakah mereka akan bertahan selama beberapa tahun kedepan atau tidak? Apakah Anda bisa menyesuaikan diri disana? Jika Anda sudah mencari tahu, akan lebih mudah bagi Anda ketika wawancara maupun jika sudah diterima disana.

>Langkah 3: Kumpulkan ‘senjata’ Anda
Sangat penting memiliki ‘alat’ yang tepat untuk tugas yang tepat pula. Yang Anda butuhkan ketika mencari pekerjaan ialah CV yang baik. Ambil waktu untuk membentuk CV yang menarik dan sempurna untuk bisa “dijual”. Ini ada beberapa tips yang penting diingat dalam membuat CV:
• Karena belum ada pengalaman kerja, tulis sebanyak-banyaknya tentang kemampuan dan bakat Anda.
• Jangan lupa tulis semua yang sudah pernah Anda raih/prestasi, sebagai nilai tambah tersendiri.
• Jangan lupa sertakan semua kegiatan di sekolah yang pernah Anda ikut seperti OSIS, kerja sampingan sambil sekolah, atau yang lainnya.

>Langkah 4: Jaringan
Salah satu hal terpenting dalam mencari kerja adalah jaringan. Mengambil keuntungan dari semua sumber yang bisa Anda dapatkan sangatlah penting. Teman yang sudah lebih dulu lulus dan kerja, teman orangt ua yang punya perusahaan, tetangga, bahkan info dari dosen atau guru, tidak boleh disia-siakan. Sebarkan CV Anda, dan jangan pelit info dengan orang lain, supaya Anda sendiri juga mendapat bantuan. Jangan malu dan takut untuk menelpon teman lama dan mengumpulkan info sebanyak-banyaknya.

>Langkah 5: Mainkan peranan Anda
Kalau Anda ingin menjadi bagian dari dunia professional, Anda harus bertingkah – dan terlihat – serta memainkan peran Anda. Beli pakaian yang baik dan sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan, dan pakai itu di hari wawancara Anda. Jangan lupa ganti alamat email dengan sesuatu yang terdengar serius. Misalnya email Anda “jomblo_maut@yahoo.com”, Anda akan terkesan tidak serius. Karena itu ganti saja dengan nama Anda: “ronald_sitorus@yahoo.com”. Di rumah Anda juga harus mulai bersikap professional. Angkat telepon yang berbunyi dengan sopan, bukan dengan asal-asalan, karena siapa tahu telepon itu dari calon perusahaan yang ingin mempekerjakan Anda. Semakin Anda memainkan peran itu dengan baik, maka orang akan semakin teryakini oleh Anda.

Langkah 6: Jangan pernah menyerah
Dunia pekerjaan adalah tantangan yang luar biasa berat. Karena itu, pasang tujuan dan harapan yang realistik, dan sadari bahwa ada kemungkinan besar bahwa Anda harus memulai dari bawah untuk naik ke pekerjaan impian Anda. Anda bisa ditolak berkali-kali oleh siapa saja dan mungkin akan banyak pengalaman pahit. Tapi itulah yang harus dilewati. Jadilah proaktif, ulet, tekun, percaya diri, dan yakin bahwa ada pekerjaan terbaik yang sedang menanti Anda diluar sana!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar