Selasa, 14 Desember 2010

teliti mencari pekerjaan di job fair

Bila ada jenis pameran yang dijamin akan berhasil dan ramai pengunjung pada saat krisis ekonomi, dapat dipastikan itu adalah pameran pekerjaan atau akrab disebut dengan job fair. Terbukti, semakin banyak saja lembaga yang mengadakan job fair, tidak hanya dari universitas saja, tetapi juga dari perusahaan rekrutmen. Para pencari kerja pun berbondong-bondong mendatangi pameran tersebut, biaya untuk tiket masuk pun biasanya tidak menjadi masalah.

Tips-tips pada tulisan berikut ini, mungkin akan sangat berguna bagi para pencari kerja yang berbondong-bondong mencari pekerjaan dan karir di job fair.

1. Bergabunglah dengan milis para pencari kerja yang banyak bertebaran di internet, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang agenda job fair.

2. Berhati-hatilah terhadap informasi job fair atau lowongan kerja yang dipajang di sejumlah blog karena validitas informasinya kadang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Bahkan sebagian terbukti ada yang menipu. Selalu lakukan cross check ke sumber informasi panitia job fair (bisa lewat situs resmi penyelenggara maupun lewat telepon).

3. Teliti kembali nama dan jenis perusahaan yang turut menyediakan lowongan di job fair, sesuaikan dengan minat kita. Karena terbukti, kita tidak akan bisa bekerja dengan baik pada pekerjaan yang tidak kita sukai.

4. Buatlah lamaran kerja dan CV hanya kepada perusahaan dan bidang kerja yang anda minati. Jangan lupa juga untuk selalu melampirkan foto berwarna dan kartu identitas dan untuk menjamin kualitas CV dan surat lamaran, sebaiknya hindari memfotokopi surat lamaran dan CV tersebut.

5. Siapkan beberapa CV dan surat lamaran cadangan sebelum mendatangi tempat job fair untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan di luar rencana.

6. Persiapkan diri dengan berpakaian rapi dan jangan lupa membawa alat tulis lengkap walau pun hanya sedikit perusahaan yang hadir di job fair tersebut.

7. Mintalah person-in-charge (PIC) perusahaan yang dilamar untuk menindaklanjutin lamaran yang kita kirimkan.

8. Perlu diingat juga, tidak semua perusahaan yang membuka lowongan kerja berpartisipasi pada acara job fair. Di era teknologi sekarang ini, sebagian besar perusahaan justru lebih suka memajang informasi lowongan kerja di situs resmi perusahaan itu sendiri. Jadi, rajin-rajinlah mendatangi situs resmi perusahaan yang kita impikan.

9. Pintar-pintar memilih perusahan yang ingin di lamar, tanya dulu jobdesk dan struktur 
perusahaan tersebut, banyak dari sekian perusahaan yang bergabung di job fair menawarkan bagian marketing. jika salah satu perusahaan menawarkan iming-iming dengan kompensasi dan insentif mengiurkan pintar-pintarlah mencari tahu dulu sebelum anda mengisi aplikasi lamarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar