Minggu, 28 November 2010

Cara Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan bertemu dengan salah satu kawan kerja saya dahulu. Ibu ini kebetulan bertugas di bidang HRD yang salah satunya adalah melakukan tugas recruitment karyawan.
Disela pembicaraan dia berkata bahwa saat ini untuk mendapatkan pekerjaan maka dari pencari kerja tidak hanya dituntut untuk dapat bekerja keras dan rajin juga harus memiliki suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan pencari kerja lainnya misalnya dari segi kreatifitas.
Kesimpulan saya adalah bahwa seorang pencari kerja saat ini perlu menjadi seseorang yang “berbeda” dari para pencari kerja lainnya sehingga pencari kerja ini akan menjadi “istimewa” dimata si calon boss. Keistimewaan tersebut dapat berupa kreatifitas seperti yang saya sebutkan diatas atau mempunyai keterampilan yang jarang dimiliki oleh orang lain dan masih banyak lagi kemungkinan yang lain.
Beberapa waktu yang lalu saya mendengarkan sebuah talk-show di sebuah radio swasta yang sedang membahas salah satunya adalah tentang bagaimana seseorang dapat memperoleh pekerjaan yang diinginkannya ditengah persaingan yang semakin ketat saat ini. Dari acara yang berdurasi 1 jam ini saya mendapatkan kesimpulan tentang satu cara dimana seorang pencari kerja dapat “menarik” perhatian si pemberi kerja dengan cara yang mungkin jarang dilakukan oleh seorang pencari kerja. Bagaimana caranya?
Begini, seorang pencari kerja dapat bertemu dengan pencari kerja (dengan catatan bahwa pekerjaanya cocok dengan bidangnya) dan sipencari kerja dapat menawarkan suatu “proposal” kepada sipencari kerja. Isi proposal ini adalah bahwa si pencari kerja bersedia bekerja 2-3 bulan (relatif)tanpa mendapatkan gaji. Lho kok aneh? Biasanya orang ingin mendapatkan pekerjaan karena ingin mendapatkan gaji kalau bisa yang besar lagi. Sekarang malah mau kerja gratisan. Tunggu dulu! Sebenarnya ada kelanjutannya dan tidak hanya berhenti sampai disitu. Bila si pemberi kerja “puas” dengan pekerjaan si pencari kerja maka di bulan ke 4 si pencari kerja dapat minta untuk diangkat menjadi pegawai. Untuk memperkuat “perjanjian” ini mungkin dapat dibuatkan semacam surat perjanjian diatas meterai sebelumnya. Bagi si pemberi kerja hal ini tidak ada ruginya karena dia tidak akan “kehilangan” apa-apa.
Bila sipencari kerja bekerja di tempat yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan menyenangi bidang tersebut maka saya yakin bila si pencari kerja bekerja dengan sepenuh hati maka si pencari kerja akan mendapatkan pekerjaan yang didambakannya.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar