Kamis, 18 November 2010

Cara Mendapatkan Lowongan yang Tidak Diiklankan

Lalu bagaimana cara kita mendapatkan lowongan yang tidak diiklankan tersebut ? cara terbaik adalah dengan memperluas jaringan. Berikut beberapa tips bagi Anda untuk memperluas jangkauan jaringan dan tentu saja mendapatkan info lowongan yang sudah lama Anda incar.

1. Menghadiri acara perusahaan

Banyak perusahaan atau komunitas profesional kerap membuat acara pertemuan, entah seminar atau sekedar ulang tahun sebuah perusahaan. Jangan malas untuk hadir, karena di sanalah Anda bisa bertemu profesional dari berbagai perusahaan, untuk kemudian Anda bisa berkenalan dan mencari info tersembunyi tentang kebutuhan karyawan. Pilihlah acara yang berkaitan dengan pekerjaan atau keahlian khusus yang Anda miliki. Jika Anda mengincar jabatan public relation, jangan hadir di acara pertemuan para ahli geologi, misalnya.

2. Bergabung dengan klub profesi

Saat ini banyak komunitas profesi yang dibentuk, baik itu berupa milis (mailing list) atau klub yang anggotanya merupakan orang-orang dengan satu profesi. Komunitas ini biasanya memiliki agenda pertemuan rutin untuk berbagi pengalaman, bertukar ide atau informasi seputar profesi yang digeluti. Carilah klub profesi yang sesuai dengan pekerjaan Anda, bisa lewat internet, majalah, atau bertanya pada teman.

3. Latih cara bicara

Untuk mengiklankan diri sendiri dalam berbagai pertemuan profesi, Anda perlu merangkai kata-kata dan melatihnya terus menerus. Isi iklannya? bisa berupa siapa Anda, pengalaman kerja dan keahlian khusus yang Anda miliki.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker   

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar